BENARKAH KERAMAS SAAT HAID DILARANG

BENARKAH KERAMAS SAAT HAID DILARANG

Masalah keramas saat haid sampai sekarang masih menjadi problematika, apakah benar saat haid dilarang keramas karena dapat menimbulkan sakit kepala dan menimbulkan kanker atau hanya mitos saja.




Pada dasarnya saat haid wanita diwajibkan menjaga kebersihan, termasuk kebersihan kepala dan rambut. Namun mitos yang beredar meyakini keramas saat haid bisa menyebabkan sakit kepala karena kondisi pori-pori kepala sedang terbuka. Menurut pendapat beberapa dokter pori-pori kulit kepala terbuka saat kondisi tubuh panas atau berkeringat. Jadi apakah seseorang itu sedang haid atau tidak pori-pori kepala akan terbuka jika kondisi tubuh panas dan berkeringat.



Menurut Dr. Caroline Tirtajasa, Sp, OG, spesialis kebidanan dan kandungan RS Omni Medical Centre, Jakarta, yang terpenting dilakukan saat haid adalah menjaga kebersihan. Terutama di daerah vital dan sekitarnya. Sebab darah haid bisa menyebabkan gatal dan mengundang kuman. Apalagi air yang digunakan untuk embasuh mengandung kuman-kuman yang menyebabkan infeksi. (Dikutip dari Kompas.com, Jernih Melihat Dunia).

Dalam islam pun tidak ada hadist atau ayat yang melarang keramas saat haid, bahkan sangat dianjurkan menjaga kebersihan.

Hal ini diperkuat dari HR. Bukhari Muslim, Aisyah RA mendapatkan haid ketika mengikuti haji wadaa" Rasulullah berkata "bukalah ikat rambut mu dan sisirlah, lalu masuklah ke dalam ihram untuk mengikuti haji".
Dari hadist tersebut pun jelas bahwa Rasulullah menganjurkan untuk memelihara kebersihan. Mengenai keramas dilarang saat haid sampai sekarang belum ada fakta yang membuktikan.

Comments

  1. Tapi kebnyakan orang tua melarang keramas saat haid. Pasti ada manfaat tersembunyi sehingga ada larangan tersebut😊

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Itulah mitos, tidak ada alasan atau bukti yang kuat ttg alasan melarang keramas saat haids baik secara medis atau pun islami

    ReplyDelete
  4. Mngkin motos mngenai saat haid di larang keramas ini hanya di tunjukan bagi org2 terdahulu

    ReplyDelete
  5. Meskipun seperti itu setidaknya sebagai generasi muda bisa memilah mitos2 tsb dahulu dg mencari fakta kebenaran dan menyampaikan kembali ke org2 terdekat kita yg masih mempercayai mitos tsb.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

WISATA BARU GREEN HOUSE LEZATTA

TIPS CANTIK LUAR DALAM

WISATA BARU BUKIT KELINCI PAYAKUMBUH