TIPS MENJAWAB PERTANYAAN INTERVIEW

TIPS MENJAWAB PERTANYAAN SAAT INTEVIEW


Interview adalah hal yang pasti dilalui saat melamar pekerjaan baik dari perusahaan swasta maupun pemerintah. yang dibutuhkan disini adalah skiil berbahasa bagaimana si pewawancara merasa yakin kalau kita adalah pilihan yang tepat.

Setiap pewawancara memiliki karakteristik berbeda-beda. Ada yang lembut, kasar, suka menyudutkan, menekan, dan sebagainya yang menguncang mental sipelamar sesuai dengan kebutuhan perusahaan mereka. Yang terpenting tidak usah takut dan down. Karna mereka tak akan memakan kita.. hehehehe

Mimin akan coba berbagi pengalaman tips menghadapi interview....

Penampilan

Penampilan adalah hal pertama yang akan dinilai si pewawancara. Buatlah penampilan kamu semenarik mungkin namun jangan mencolok, dan pastinya membuat kamu nyaman.

Tingkah laku

Pewawancara itu sangat teliti. Bagaimana cara kamu berbicara, berjalan, duduk, menatap diperhatikan. Jadi jangan tegang dan jangan pula terlalu letoi karna bisa jadi kamu dianggap tidak bersemangat. Berjalan lah dengan langkah tegap dan penuh percaya diri. Duduklah di depan sipewawancara dengan postur tegap namun tidak tegang, kepala diangkat, dan pandang lah tatapan sipewawancara dengan keyakinan. dan tampilkan senyuman termanis mu. buatlah dia jatuh cinta pada pandangan pertama padamu.. hehehe

Menjawab pertanyaan

Contoh pertanyaan yang sering keluar saat wawancara:


Coba ceritakan tentang diri anda....
Nah pertanyaan seperti ini janganlah kamu ceritakan kisah kamu dari lahir hingga dewasa. selain membutuhkan waktu yang lama juga akan terkesan bertele-tele. yang dibutuhkan si pewawancara disini adalah sesuatu yang ada pada dirimu yang bisa bermanfaat bagi perusahaan.

Misalnya: nama saya budi. saya kelahiran bukittinggi 1 januari 1994. saya tinggal di bukittinggi. saya tamatan universitas negri padang tahun 2015, sebelumnya saya pernah bekerja di beberapa perusahaan sebagai.... (sebutkan posisimu jika pernah bekerja sebelumnya, jika tidak tak apa). saya adalah orang yg suka tantangan, saya pekerja keras. Keahlian saya adalah .....(hal yang mendukung posisi yg anda lamar) dan saya sangat menyukai posisi yg saya lamar ini.

Mengapa anda melamar keperusahaan ini dengan posisi ini???(misal posisi yang dilamar Front Office

Sebelumya kamu harus searching dulu perusahaan yang kamu lamar. posisi yang kamu lamar kayak apa2 aja sih tugas2nya. karna akan memudahkan kamu menjawab pertanyaan ini. Pewawancara akan penasawa seberapa paham kamu mengenai perusahaan mereka.

Misalya: Perusahaan ABC ini terkenal dengan pelayanan yang baik. Berbagai macam produknya sangat diminati di pasaran. saya ingin menjadi bagian dari perusahaan ABC. berdasarkan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang saya miliki saya yakin akan memberikan manfaat bagi perusahaan ini.

Sebutkan kelebihan dan kekurangan anda????
Harus teliti dengan hal ini. Pikirkan lah kelebihan mu yang berguna bagi posisi yg diincar dan hati-hati dengan kekurangan yang membahayakan posisi yg kamu lamar.
dan jika menyebutkan kekurangan alas lah dengan kalimat kamu berusaha mengantisipasinya.

Misalnya: saya adalah orang yang pelupa jika banyak pekerjaan dikerjakan sekaligus. untuk itu saya akan membuat catatan di hp atau meja kerja saya point2 penting yang akan dkerjakan. saat salah satu pekerjaan selesai saya akan mencek kembali pada catatan yg telah saya buat. aakah masih ada yang harus saya kerjakan atau ada hal yang harus saya periksa kembali.

Berapakah gaji yang anda inginkan????
Dalam hal ini jangan menyebutkan angka. cukup sebutkan sesuai dengan kinerja saya, dan saya yakin perusahaan lebih bijak dalam menentukan gaji saya.

nah itulah beberapa tips dalam menjawab dan menghadapi wawancara. untuk tips-tips berikutnya akan mimin share. semoga bermanfaat yaaa.... see youuu....   




Comments

Popular posts from this blog

WISATA BARU GREEN HOUSE LEZATTA

WISATA BARU BUKIT KELINCI PAYAKUMBUH

TIPS CANTIK LUAR DALAM